Rabu, 28 Maret 2012

Faktor Ekonomi Kebun Binatang Bandung

Cikal bakal pasukan kavaleri gajah Bandung

Beberapa waktu lalu sempat ada wacana kebun binatang Bandung yang di jalan Tamansari dipindah ke tempat lain, kemudian tempatnya dipakai untuk perluasan ITB. Nah salah satu permasalahannya, kebun binatang ini memberikan pemasukan ke Pemda, sehingga kalau diganti dengan perluasan ITB, apakah pemasukan ke Pemda akan berkurang atau bertambah?

Saya tidak tahu berapa yang sanggup disetor ITB ke Pemda kalau tempat bonbin itu dipakai jadi laboratorium ITB, namun pemasukan saat ini dapat dihitung secara kasar sebagai berikut:

Pengunjung per tahun


Berikut ini sumber dari website resmi pemerintah Jawa Barat:
http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/informasi/berita/detailberita/2986

"BANDUNG-Kebun Binatang Tamansari Bandung, sampai saat ini masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit untuk di kunjungi masyarakat, khususnya saat liburan siswa sekolah dan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri. Seperti yang terpantau Jabarprov.go.id, ribuan pengunjung dari berbagai daerah dan provinsi mendatangi wisata alam Kebun Binatang Bandung yang terletak di Jalan Taman Sari, Kota Bandung. Direktur Kebun Binatang Tamansari Bandung, Romly Sundara Bratakusuma menargetkan, tamu kunjungan yang datang pada tahun ini bisa mencapai 1, 5 juta lebih. “Biasanya pada liburan  seperti sekarang (Idul Fitri-red) pengunjung bisa tiga kali lipat weekand,” ujarnya. Romly memprediksikan, puncak pengunjung ke Kebun Binatang Tamansari Bandung akan terjadi pada hari ini, Sabtu (03/09) dan Minggu (04/09) besok, yang merupakan hari terakhir libur lebaran.

“Pada libur lebaran perharinya rata-rata mencapai 9 hingga 15 ribu, kalau  mendekati akhir liburan bisa lebih banyak lagi,” tuturnya. Menurut Romly, dengan hanya membeli tiket antara Rp15.500 hingga Rp20.500, pengunjung bis amenikmati berbagai hewan, pertunjukan hewan yang ditata sedemikian rupa sehingga akan terlihat aman dan nyaman selama dilokasi. “Kita sudah ditata ke arah yang lebih baik, baik itu untuk kenyamana para pengunjungnya maupun bagi penghuni kebun binatang itu sendiri, sesuai standar,” katanya. (Parno)"

Pengunjung libur Lebaran

Sumber dari website http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/kebun-binatang-bandung-diserbu-123-904-pengunjung
BANDUNG (bisnis-jabar.com): Jumlah pengunjung Kebun Binatang Bandung mencapai 123.904 orang selama satu minggu libur lebaran 2011 atau meningkat 30% dari momen yang sama tahun lalu.  Ade, pegawai Yayasan Margasatwa Tamansari, Bandung Zoological Garden, mengatakan jumlah pengunjung terbanyak terjadi pada Kamis lalu ( 1/9) atau H+2 Idulfitri. “Pada Kamis lalu bisa dikatakan sebagai puncak keramaian kebun binatang yang mencapai 35.266 pengunjung,” katanya  kepada bisnis-jabar.com hari ini. Dia mengatakan keramaian jumlah pengunjung selama libur lebaran akan berakhir hari ini dan kembali ramai lagi pada akhir pekan nanti (6/9 dan 7/9). Pantauan bisnisjabar.com wisatawan lokal terlihat masih memadati kebun binatang hingga siang tadi. Keramaian tersebut membuat lalu lintas sepanjang area Kebun Binatang tersendat. “Meski hari ini tergolong lebih sepi dibanding kemarin yang mencapai 9.379 pengunjung, namun jumlahnya tetap banyak jika dibandingkan hari biasa,” katanya. Dia memprediksi jumlah pengunjung kebun binatang mencapai 3.000 – 4.000 orang hari ini. (fsi)

Sumber dari metro News http://metrotvnews.com/read/news/2011/09/04/63604/Kebun-Binatang-Bandung-Targetkan-160.000-Pengunjung/6

Metrotvnews.com, Bandung: Ketua Yayasan Margasatwa Taman Sari (Kebun Binatang) Kota Bandung, Dadang Danumihardja optimis jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kebun Binatang hingga H+10 tembus 160.000 lebih pengunjung. Kepada wartawan di Bandung, Ahad (4/9) siang, Dadang mengatakan, tahun kemarin jumlah pengunjung kebun binatang mencapai angka tersebut tetapi untuk tahun 2011 ini diharapkannya bisa lebih. Hingga H+4, sudah ada 90.000 wisatawan yang berkunjung ke Kebun Binatang tersebut. Dengan begitu, jumlah penghasilan yang diperoleh yayasan tersebut hingga H+4 kemarin mencapai Rp1 miliar. Pasalnya, harga tiket masuk Rp20.000 untuk pihak yayasan, dan Rp500 untuk bulan dana PMI Kota Bandung. "Pada Sabtu kemarin ada 30.000 lebih wisatawan yang mengunjungi kebun binatang, dan diprediksi hari ini juga tidak jauh berbeda dengan hari kemarin total pengunjungnya," kata dia. Menurutnya, dari total 1.188 hewan yang ada di kebun tersebut, yang paling banyak menarik perhatian wisatawan ialah harimau, gajah, monyet dan ular.(Ant/****)

Kesimpulan

  • pengunjung per tahun sekitar 1,5 juta
  • harga tiket normal Rp 15000, tiket lebaran Rp 20000,-
  • pendapatan lebaran Rp 1 milyar
  • pendapatan per tahun sekurang-kurangnya 1,5 juta x 15000 =  22,5 milyar
  • jika diasumsikan pengunjung lebaran 160 ribu orang, dan selisih harga Rp 5000, maka ada tambahan 160 ribu x Rp 5000 = Rp 800 juta. Jadi pendapatan kotor per tahun = 22,5 milyar + 800 juta = 23,3 milyar.
Untanya cukup akrab dengan pengunjung

Referensi:



2 komentar:

  1. Adakah kemungkinan perbaikan saluran air, sehingga disaat hujan besar air itu tersalurkan secara baik. Dan ga buat banjir area itu - karena dari faktor kesehatan pun ga bagus buat para pengunjung atau hewan2 yng tinggal di dataran bawah ...

    BalasHapus
  2. telah ditemukan seekor anak macan tutul jawa (phantere pardus melas) di halaman belakang rumah. Harap segera di selamatkan ke kebun binatang.
    hub. CP 081802320775

    BalasHapus