Kamis, 25 September 2014

Artikel "BAHAYA MEMBUNUH KECOAK" adalah HOAX

Baru-baru ini saya menemukan artikel sebagai berikut, sumber dari facebook:


Artikelnya isinya kurang lebih penyakit-penyakit di gambar kanan itu disebabkan oleh cacing dari kecoak.  Saya coba cek dari mana asal-usul gambar tersebut. Apakah memang benar-benar berhubungan dengan kecoak?

Tekniknya:
Gambar dipotong-potong dulu menjadi 3 bagian.



Gambar kedua: kaki

Gambar ketiga: mata
Kemudian gambar-gambar itu dimasukkan ke http://images.google.com/ ,  dengan menggunakan fitur 'search by image'.
Google search by image
Google search by image
Hasilnya ternyata adalah sebagai berikut:

Gambar pertama tidak jelas dari mana, nampaknya sih memang kecoa.

Gambar kedua (gambar kaki) ternyata diambil dari http://www.infectionlandscapes.org/2012/02/hookworm.html, yang sumbernya adalah cacing tambang (Hookworm). Infeksi cacing tambang ini tidak berhubungan dengan kecoak.

Cacing tambang di kaki

Gambar ketiga (gambar mata) ternyata diambil dari http://researchonmedical.com/2012/11/top-10-most-horrible-looking-diseases yang isinya tentang penyakit Loa Loa Filariasis (cacing filaria). Penyakit filaria ini penyebabnya cacing nematoda yang tidak ada hubungannya dengan kecoak.

Cacing filaria
Kesimpulan: artikel tersebut adalah HOAX.
Terima kasih untuk Google Image Search, yang membantu untuk memberantas hoax di internet.
Hoax kecoak dan cacing ini sebelumnya juga pernah muncul: Hoax Bahaya Membunuh Kecoak Busted

Referensi lain yang membahas hal serupa:
Meskipun hal tersebut di atas adalah hoax, tetap saja lebih baik jika tidak ada kecoa di sekitar kita.
Beberapa teknik mengusir / membasmi kecoa dapat dibaca di artikel "Cara Mengusir Kecoa".
Ada juga yang mengklaim dapat mengusir kecoa secara listrik, namun saya pribadi masih ragu bahwa kecoak dapat diusir secara ultrasonik ataupun elektromagnetik. 

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Cara mengusir kecoa: http://kesehatan.kabarkita.org/2015/07/21/cara-mengusir-kecoa/

    BalasHapus
  3. Makasih infonya,,,tadinya aku sempet takut,soalnya aku sering mukul anakan kecoa pakai tangan dan tentunya sampai keluar isi perut,,,tapi setelah itu aku langsung cuci bersih tanganku.

    Kira2 bahaya ga ya?
    Sebelumnya makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang aku tahu sih emang bahaya... apalagi klo sampe kluar isi perut

      Hapus
  4. Kok bisa sih mukul anaknya kecoa ampe mencret.. ?
    Gw ajah mukul lalat yg lebih kecil jijik kalo ampe mencret gitu.

    BalasHapus
  5. Kok bisa sih mukul anaknya kecoa ampe mencret.. ?
    Gw ajah mukul lalat yg lebih kecil jijik kalo ampe mencret gitu.

    BalasHapus