Sabtu, 30 Agustus 2014

Tugas Akhir Derita Cinta Tak Terbalas

Ada yang upload foto ke facebook, konon kabarnya ada tugas akhir di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia berjudul "Mencari Makna Hidup Melalui Derita-Cinta-Tak-Terbalas" yang dibuat oleh Stephany Iriana. Saya pikir itu main-main saja, hasil photoshop.  Maklum lah, zaman sekarang kan banyak hoax.

Cover tugas akhir berjudul Mencari Makna Hidup Melalui Derita Cinta Tak Terbalas

Hasil pencarian dengan Google menyatakan bahwa tugas akhir itu adalah SERIUS. Buku tugas akhir itu ada di perpustakaan Universitas Indonesia, setidaknya metadatanya bisa dibaca di http://lib.ui.ac.id/file?file=pdf/metadata-20286833.pdf . Berikut ini keterangan tentang buku tersebut:
Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Skripsi (Membership)
Judul:
    Mencari makna hidup melalui derita-cinta-tak-terbalas
Pengarang/Penulis:
    Stephany Iriana
Subjek:
    Logotherapy
Nomor Panggil:
    S2663
Saking seriusnya sampai buku tugas akhir tersebut dibikin buku betulan dengan judul 'Derita Cinta Tak Terbalas'.

Cover buku 'Derita Cinta Tak Terbalas' karangan Stephanie Iriana

Komentar orang-orang terhadap buku ini juga ajaib-ajaib bagi saya:

Nirwan Arsuka, budayawan.
Derita cinta mungkin memang “lubang hitam”. Yang tersedot longsoran penelan cahaya itu bisa remuk hilang bentuk; yang punya nyali untuk terus menggali, bisa tiba pada sebah dunia dengan ufuk yang lebih lapang dan benderang. Bab yang menghadirkan “lubang hitam cinta” adalah bab dengan gravitasi paling kuat. Menarik!

Hasif Amini, seniman dan penyair.
Luka selalu menguakkan lapisan yang lebih dalam pada diri kita. Cinta yang tertampik, hasrat yang patah, memang bisa membuat dunia tampak kelam; tetapi ada kalanya pengalaman itu justru menjernihkan dan memperdalam pandangan kita tentang hidup di dunia. Penulis buku ini, lewat telaah sejumlah kasus, memperlihatkan bahwa kedua kemungkinan itu pada dasarnya adalah soal pilihan sikap dalam memaknai kenyatan, dan bukanlah semata-mata suratan takdir yang tak tertahankan.

Bagus Takwin, penulis Akademos dan Bermain-main dengan Cinta, staf pengajar di jurusan psikologi UI.
Bagus Takwin
Dalam buku ini Stephanie memberikan insight bahwa makna hidup dapat dipetik dari setiap peristiwa, dan itulah yang membuat hidup kita jadi penuh makna. Yang kita perlukan untuk membaca keseharian adalah kepekaan seperti yang ditampilan Stephanie dalam Derita Cinta Tak Terbalas, Proses Pencarian Makna Hidup.

Fuad Hassan, guru besar UI.
Fuad Hassan

Yang istimewa dari buku ini ialah pembahasannya tentang cinta tak terbalas. Manusia rela untuk jatuh cinta dan menyerah pada dominasi cinta. Cinta sejati menggejala sebagai kapitulasi diri total. Karena penyerahan diri yang paripurna itulah maka cinta tak terbalas bisa berakibat penderitaan yang berat dalam perjalanan hidup penderitanya. Penulis buku ini telah berhasil dalam usahanya untuk membuat analisis mengenai berbagai kasus cinta tak terbalas dan sampai pada kesimpulan yang layak disimak.

Okay, nampaknya dunia ini lebih aneh daripada yang saya bayangkan. Bagi yang ingin tahu apa isinya, silakan saja beli buku itu dari toko online terdekat.

Lumayan juga tugas akhir bisa jadi buku yang diterbitkan, sedangkan baru-baru ini ada kewajiban membuat paper bagi mahasiswa yang mau lulus S1. Setidaknya Fakultas Psikologi Universitas Indonesia sudah selangkah lebih maju dalam hal publikasi karya tugas akhir mahasiswa.

Sumber:



1 komentar:

  1. saya juga lg stress krna saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja saya sering dimutasi, diremehkan orang krna otak dan tenaga saya payah shg saya mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. dulu saya kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang saat nyari cewe dll.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan online tdk laku.. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah..dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nur (andir ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya nyari yg lain gagal. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. saat nur sdh nikah saya sering kirim surat ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lwt surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn.

    BalasHapus