Sabtu, 27 September 2014

Macam-macam Bahan Kuas Dan Sikat

Dalam artikel lalu sempat dibahas bahwa banyak kuas dan sikat yang beredar di pasaran yang terbuat dari bulu babi. Berikut ini ulasan singkat mengenai berbagai bahan yang dipakai untuk membuat kuas.

Sikat Dan Kuas dari Bulu Hewan

Bulu Kambing

Sebuah rambut yang sangat halus dengan elastisitas yang terbatas. Memiliki ketegaran alam yang tidak dapat diluruskan. Digunakan untuk jangka pendek, sikat bulu lembut seperti kuas kosmetik. Tersedia di Gordon Sikat rambut hitam dan putih, dan dicelup warna biru, coklat, emas, hijau, abu-abu, dan purple.animal alami bulu bahan

Bulu kambing ini dipakai untuk kuas industri.

Sikat bulu kambing


Ref: http://pelitakencana.indonetwork.co.id/3318514/sikat-kuas-bulu-kambing-goat-hair-paint-brush.htm

Bulu Babi (Hog Bristle)

Relatif langka dan mahal. Bahan ini memiliki karakteristik yang membedakannya sebagai bahan pengisi alami terbaik untuk berbagai kuas bulu. Setiap helai bulu memiliki lancip alami dari pantat atau daging mengakhiri ujung, memberikan ketahanan tidak ditemukan dalam rambut lainnya. Selain itu, akhir masing-masing ujung bulu secara alami dibagi menjadi dua atau lebih cabang yang disebut bendera. Hog Bulu memiliki tekstur sedikit kaku untuk sangat kaku dan berwarna coklat atau warna hitam yang sangat baik untuk aplikasi ESD. Memiliki daya tahan yang sangat baik dan tahan air.
Kuas Eterna dari bulu babi (hog bristle)

Bulu Kuda

Bulu kuda adalah media untuk bahan biaya tinggi. Tail rambut kaku dari rambut surai. Tekstur yang lembut untuk sedikit kaku Its memberikan dry cleaning awal bebas dan memiliki daya tahan yang sangat baik. Tidak tahan terhadap asam atau alkali. Digunakan untuk buffing, membersihkan, debu, dan finishing di berbagai bulu sikat gaya: menyapu lantai, sikat semir sepatu, sikat asam menangani timah, lap debu meja, dan jendela kuas, sangat baik untuk aplikasi ESD. Suhu distorsi panas adalah 370º F.

Sikat bulu kuda Bright Premium. Digunakan untuk menyikat bagian atas sepatu dengan bulu yang tidak keras, membuat sepatu tidak rusak dan berubah warna.

 

Ref: http://www.gordonbrush.com/horse-hair-brushes.html

 

Bulu Unta (Camel Hair)

Istilah Camel Hair biasanya dipakai untuk kuas dengan harga murah, jadi bukan benar-benar dibuat dari bulu unta.


 Kuas camel-hair biasanya dibuat dari bulu squirrel (bajing), bulu domba, ox, kuda pony atau campurannya.

 

Referensi

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Camel-hair_brush


Bulu Sapi

Dalam proporsi diameternya, sapi rambut mungkin paling berat dari semua rambut lembut. Ox rambut khususnya dicari di artis atau sikat gigi untuk huruf halus, striping dan menandai kuas.

Sikat bulu sapi putih
http://www.indonetwork.co.id/farella/2884477/kuas-dari-bulu-sapi-warna-putih.htm

Sikat bulu sapi hitam
Sumber: http://www.indonetwork.co.id/farella/2884488/sikat-dari-bulu-sapi.htm

Musang Merah / Red Sable

Rambut dari musang merah adalah yang paling berharga dari semua rambut lembut. Hal ini sangat baik, memiliki kuat, poin tajam dan elastisitas besar dan membawa warna dengan baik. Rambut sable Red membuat kuas seniman terbaik ', yang sangat cocok untuk digunakan dengan Jepang warna, warna minyak dan bahan tanda-menulis berat bertubuh, dan yang terbaik untuk huruf baik-baik saja. Pure rambut sable merah memiliki lancip abadi, menciptakan titik terbaik mungkin pada bulu sikat.

Kuas dari ekor musang merah
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Kolinsky_sable-hair_brush

Skunk / Fitch

Rambut ini jarang digunakan sendiri. Dikombinasikan dengan babi Cina bulu, bulu itu sable materialmakes sikat tanda penulis yang sangat baik ini. Abu-abu sigung rambut dari Eropa timur dan barat telah ditemukan untuk menjadi ideal untuk sikat bulu yang digunakan dalam pembuatan kain warna.

Tupai / Squirrel

Rambut ini dibagi menjadi tupai biru dan tupai Kanada. Sebuah rambut yang sangat halus digunakan untuk menerapkan lak tipis, Jepang warna, pernis cahaya bertubuh, dan untuk karya seni umum, huruf dan striping, serta, kuas kosmetik.

Sikat Dan Kuas dari Bahan Tanaman


BASS atau piassava: 

Diperoleh dari daun pohon-pohon palem yang tumbuh di Afrika Barat. Dua jenis serat ini tersedia: Calabar Fiber, yang sangat kasar dan rapuh dan Sherebro Fiber yang sangat kaku dan lentur. Serat ini merah kecoklatan ringan dan sangat kasar. Hal ini digunakan terutama di sapu jalanan.

Bassine

Sebuah kelas pilih serat Palmyra, kaku, lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap air. Sebuah cokelat sangat gelap dalam warna. Kekasaran dan tahan air yang baik membuatnya ideal untuk kaku scrub sikat dan secara luas digunakan dalam conveyor membersihkan kuas.

KITTOOL

Sangat sulit, hitam glossy dicelup untuk industri sikat. Digunakan sikat atap dan jenuh merasa kuas.

PALMETTO

Diproduksi dari Florida Palmetto Palm. Hal ini kasar, kemerahan dalam warna dan minyak diperlakukan untuk aplikasi basah. Palmetto adalah kualitas bulu sikat serat, banyak digunakan dalam dek dan dapat scrub, menyapu garasi, mengocok sapu, dll

PALMYRA

Dibuat dari pohon Palmyra/ Borassus. Tanaman ini dari jenis palem.  Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Borassus

Sebuah kayu manis berwarna serat yang dihasilkan dari dasar batang daun telapak India Palmyra. Memiliki kaku menengah untuk tekstur kaku dan ringan coklat warna gelap. Hal ini lebih halus, kurang kaku, lebih rapuh, dan kualitas rendah dari bassine. Digunakan sikat lantai garasi, fender sikat cuci, dek sikat, dan scrub sikat.
Tanaman Palmyra

Sikat dari serat Palmyra (http://www.nkbaxter.com/Brooms-Maintenance-Brushes.html)

 Ref: http://en.wikipedia.org/wiki/Borassus



Akar Padi-Padian

Terbuat dari akar Eipcames Macecura ditemukan di Meksiko tengah dan Guatemala. Ini adalah berkerut, kuning, akar berserat yang disebut Zacatan atau akar padi. Serat ini menemukan penggunaan yang terbatas di scrub susu dan kuda perawatan brushes.
Sumber: http://www.tackandshow.com/index.php?_a=product&product_id=79

TAMPICO

Diproduksi di Meksiko dari tangkai tanaman Agave. Memiliki tekstur lembut untuk menengah dan off berwarna putih. Hal ini sering dicelup dan dicampur untuk memberikan efek yang diinginkan untuk bulu sikat. Ini adalah panas, alkali, dan tahan asam. Serat berpori menyerap air dan bekerja basah atau kering. Lebih agresif dari nilon atau bulu kuda. Digunakan untuk menghapus partikel permukaan dan tanda alat, debu, penggosok basah, pembersihan, dan menyebarkan cairan. Sangat baik untuk menghapus Gerinda cahaya bulu dan untuk tepi blending cahaya ketika digunakan dengan senyawa. Suhu distorsi panas adalah 283º F.

UNION FIBER

Campuran dari dua atau lebih bahan - biasanya tampico dan lontar. Memiliki tekstur kaku menengah.

Toko untuk serat nabati & sikat bulu alami lainnya.

Ijuk

Ijuk umumnya dipakai untuk sikat pembersih
Sikat ijuk

Ref: http://www.indonetwork.co.id/farella/2400992/sikat-ijuk-tangan-untuk-lantai.htm

Sikat Dan Kuas Sintetik


SERAT KARBON

: Sebuah sangat halus [.0003Ø] serat dari 94% karbon murni. Serat memiliki kekuatan tarik dari 525 Ksi, modulus tarik 33 Msi, dan resistivitas listrik 0,00055 ohm-in.

Nylon ABRASIVE

: A lama memakai abrasif nilon filamen diresapi dengan partikel silikon karbida. Kami stok beberapa diameter filamen dan ukuran partikel silikon karbida.

Nylon-TYPE 6: Menyediakan nilon tahan lama yang baik dengan pemulihan yang baik, stabilitas suhu dan ketahanan abrasi dengan biaya rendah.
Nylon Bulu Bahan
Nylon TYPE 6.6: kualitas, menengah-harga dengan kekakuan yang lebih tinggi, pemulihan, dan ketahanan abrasi dari tipe 6 Ini memiliki suhu tertinggi distorsi panas dari tiga nilon di 300º F.

Nylon - TYPE 6.12: Superior Jenis nilon yang digunakan dalam aplikasi menyerukan penyerapan air rendah. Memiliki pemulihan tikungan yang sangat baik, dan ketahanan abrasi. Ini adalah nilon kelas tertinggi dan mereka menolak busuk dan jamur dan mencegah pertumbuhan bakteri. Ketik 6.12 Nylon bulu yang disetujui FDA dan banyak digunakan dalam sikat medis, farmasi dan kuas sikat pelayanan makanan.


Nylon-konduktif: Jenis 6,6 nilon dengan lapisan konduktif listrik diliputi ke permukaan untuk aplikasi sikat berbulu anti-statis. Tersedia dalam tiga diameter standar 010, 016, dan 020. Hambatan listrik rata-rata: 7,8 x 10-3 Ω / cm


POLYESTER

: Sebuah polimer yang menggantikan bulu kuda. Fitur-fiturnya ketangguhan dan ketahanan suhu tinggi menyerupai orang-orang dari Nylon, Polyester tapi terkenal karena kemampuannya untuk sembuh tanpa cambuk atau menampar aksi - tidak akan tikar. Polyester memiliki ketahanan yang sangat baik untuk semua asam, alkali, alkohol, bensin, benzena dan paling pembersihan pelarut. Ini adalah filamen harga menengah yang tahan jamur, bakteri dan pertumbuhan jamur.

Peek

: Sebuah termoplastik tahan lama yang menawarkan ketahanan kimia yang baik dan sangat ideal untuk panas tinggi dan lingkungan korosif. Peek memberikan lentur yang sangat baik dan kekuatan tarik hingga 480º F dan merupakan alternatif untuk.

POLYETHYLENE

: bahan tahan lama lembut cocok untuk aplikasi di mana abrasi harus dihindari. Maskapai bulu fleksibel sangat efisien untuk mencuci menyeluruh dan polishing dari buah-buahan dan sayuran halus. Polyethylene sangat ideal untuk menyeka lembut bukan tindakan menyikat.
Polypropylene Bulu Bahan
POLYPROPYLENE: A serbaguna murah filamen digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Polypropylene tidak akan menyerap kelembaban atau bau dan kotoran gudang mudah. Ini memiliki kekakuan basah sangat baik, abrasive tip tindakan pembersihan, non-rapuh, dan inert terhadap pelarut, minyak, asam, dan bahan kimia. Hal ini, pada kenyataannya, salah satu bahan filamen sintetis yang paling tahan bahan kimia.

POLISTIRENA

: Bahan ini telah menggantikan bulu alami untuk digunakan di mana ketahanan kimia yang dibutuhkan. Sifat kaku Its agresif membuatnya ideal untuk sikat utilitas, sikat kopi guci, dek scrub sikat, lantai dan sikat garasi. Bulu Polystyrene pakai lagi, tampil lebih baik, namun membawa tag harga yang sebanding dengan bulu alami.

PTFE

: Sebuah Polimer yang inert untuk sebagian besar bahan kimia, tahan terhadap mineral dan oksidasi asam kuat, bersama dengan alkohol, keton, eter, amina, ester, senyawa terklorinasi dan umum pelarut pembersihan. PTFE memiliki ketahanan properti yang sangat baik untuk 500º F.

PVC

: Sebuah bahan ekonomis dengan kehidupan flex wajar, ketahanan gesekan rendah dan tidak ada kerugian dari kekakuan di sikat bulu water.pvc

STATIS NYLON

disipatif: Jenis 6.12 Nylon dengan resistivitas permukaan 109 yang tidak menumpahkan atau rawa dan Cleanroom kompatibel.

STATIGO 9

 A Nylon disipatif statis yang cukup tebal untuk melakukan kerja mekanik, tidak menumpahkan atau slough dan Cleanroom kompatibel.

THUNDERON®

Sebuah serat akrilik yang telah terikat secara kimia dengan lapisan tembaga sulfida. Lapisan luar ini menjadi bagian dari serat host itu sendiri, yang menghalangi 'pengelupasan' masalah yang dialami oleh serat konduktif lainnya. Diameter serat sehalus 0,004 cm (0,0015 ") dan lapisan konduktif adalah super tipis 300-1,000Å (angstrom) Memiliki resistansi listrik 101 -. 102 Ω / cm.Thunderon®.

Tynex A

A lama memakai abrasif nilon filamen diresapi dengan partikel silikon karbida. Kami stok beberapa diameter filamen dan ukuran partikel silikon karbida.

Sikat Dan Kuas dari Kawat

ALUMINIUM

Lembut dan non-korosif. Membungkuk dengan mudah dan mengambil set. Direkomendasikan untuk aplikasi khusus saja.

KUNINGAN

Serat logam paling lembut yang tersedia. Lurus atau berkerut. Digunakan untuk cahaya untuk membersihkan menengah dan kilau finishing.

CARBON STEEL

Tersedia baik marah dan untempered, dalam berbagai ukuran, lurus atau berkerut. Ini adalah banyak digunakan bahan mengisi logam. Memiliki kemampuan memotong sangat baik dan ketahanan lelah bagi kehidupan sikat panjang dengan biaya rendah. Hal ini digunakan untuk tujuan umum pembersih, penghapusan karat, deburring, blending tepi, dan hidup seadanya untuk adhesi.

SILVER NIKEL

Paduan logam ini nominalNYA mengandung 65% tembaga dan 18% nikel. Konduktivitas listrik paduan adalah sekitar 6% yang tembaga. Sangat tahan terhadap sebagian besar bahan kimia paduan ini digunakan dalam kabel pokok serta bahan pengisi.

PHOSPHOR BRONZE

Phosphor bronze (fosfor perunggu) adalah campuran 92% tembaga, 4,7% timah, 2% fosfor, 1,3% seng dan sedikit timbah hitam. Material ini tahan korosi dan tahan kelelahan logam yang timbul kalau dibengkokkan.


Sumber gambar: https://www.preservationequipment.com/Catalogue/Equipment-Tools/Brushes/Dusting-Brushes/Phosphor-Bronze-Brush-Small-Scrubbing-Brush


STAINLESS STEEL (Baja)

Baja tipe 302/304/3016 untuk aplikasi basah dan tanpa karat dalam berbagai ukuran, lurus atau berkerut. Sangat tahan korosi dan tahan panas. Tidak seperti baja karbon panas, stainless steel tidak meninggalkan endapan setelah karat bila digunakan pada stainless steel, aluminium, dan paduan kekuatan tinggi. Namun, setelah digunakan pada baja karbon tidak dapat digunakan pada stainless steel atau berkarat dapat terjadi. Digunakan dalam lingkungan korosif untuk tujuan umum pembersihan, penghapusan karat, deburring, blending tepi, dan hidup seadanya untuk adhesi. Stainless Steel adalah disetujui FDA dan banyak digunakan dalam sikat medis, farmasi dan kuas sikat pelayanan makanan.

Kuas baja kuning
Sumber: http://www.indonetwork.co.id/farella/2461858/kuas-dari-bahan-kawat-baja-kuning.htm


http://www.indonetwork.co.id/farella/2399525/sikat-kawat-baja-kuning-tangan-untuk-lantai.htm

Sumber

7 komentar:

  1. kira2 bulu yg minim menimbulkan listrik statis jenis apa ya

    BalasHapus
  2. Ada yg bisa bikin kuas kosmetik. Selain bulu babi ga. Ane mau order ne. Skala home industri. Email saya ya. nasruddinmnur@gmail.com

    BalasHapus
  3. Ada koas dari bulu kambing PE, kalau ada hubungani lewat Email saya terima kasih

    BalasHapus
  4. untuk kuas cat tembok biasanya pakai bhan apa ya dan belinya dimana...
    mksh

    BalasHapus
  5. Apakah bisa pembuatan kuwas dari bahan serat nanas..?

    BalasHapus
  6. Yang jual bahan buat sikat nanas n nylon tolong email saya

    BalasHapus