Tuesday, May 5, 2015

Analisa Berita "Telkom Ingin Jadikan Indonesia Pusat Internet Dunia"

Menurut berita ini [Telkom Ingin Jadikan Indonesia Pusat Internet Dunia], PT Telkom ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat internet dunia
MAKASSAR, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) punya sebuah cita-cita besar untuk mengubah Indonesia menjadi pusat lalu lintas internet dunia. Caranya adalah dengan menghubungkan jarigan serat optik dari Indonesia ke Eropa Barat dan Amerika Serikat.

"Kita bercita-cita jadi hub traffic internasional dengan cara connect ke Eropa Barat dan AS dari Indonesia," ujar Direktur Network and IT Solution Telkom Abdus Somad Arief di sela-sela peresmian Sistem Komunikasi Kabel Laut Luwuk Tutuyan (SKKL-LT), Minggu (3/5/2015) sore.

"Kita ini kalau bicara hub untuk traffic pesawat atau kapal laut sekarang adanya di Singapura. Tapi kita masih punya kesempatan untuk jadi hub telekomunikasi," imbuhnya.

Sambungan serat optik ke Eropa Barat akan dilakukan melalui segmen Dumai dan Timur Tengah. Untuk mewujudkan segmen ini, Telkom akan bekerja sama dengan kurang lebih 13 negara.

Sedangkan sambungan yang menuju ke Amerika Serikat (AS) dilakukan melalui Manado, Filipina, dan Guam dan melalui kerjasama dengan kurang lebih lima negara.

Penyambungan serat optik menuju dua jalur internasional itu akan dikerjakan secara berdampingan. Telkom sendiri menyiapkan dana sebesar Rp 2,4 triliun untuk proyek besar ini.

"Proyek ini baru kita inisiasi tahun ini. Nah yang segmen domestik sedang lagi diproses. Dari Manado ke AS, selesainya Insya Allah awal 2017. Sedangkan yang dari Dumai menuju Middle East ke West Europe itu akan selesai duluan pada 2016," pungkas pria yang biasa disapa Asa ini.
Menurut artikel tersebut, caranya adalah:
  • membuat sambungan ke Eropa Barat melalui Dumai dan Timur Tengah
  • membuat sambungan ke Amerika Serikat melalui Manado, Filipina dan Guam
Berikut ini peta kabel fiber bawah laut di seputar Indonesia pada saat ini: (http://www.submarinecablemap.com/)

Peta kabel fiber bawah laut di Indonesia
Pada peta tersebut nampak beberapa hal:
  • kabel bawah laut terutama berpusat di Singapura. Jika Indonesia ingin menjadi pusat internet dunia pertama-tama mesti menyaingi dulu Singapura dari segi kabel bawah laut.
  • Sudah ada kabel dari Manado ke arah timur. Nampaknya kabel ini mau dijadikan alternatif selain Singapura untuk menuju Amerika Serikat.
  • Indonesia dilewati kabel dari Singapura menuju Australia
  • Hampir semua pulau di Indonesia bagian barat seudah terhubung dengan kabel fiber optic.
  • Belum ada kabel fiber optic ke Halmahera, Ambon, dan Papua
Kabel fiber optic bawah laut dari Dumai
Di artikel tersebut juga disebut-sebut Dumai sebagai saluran menuju ke Eropa. Pada peta di atas nampaknya Dumai sudah menjadi pusat internet untuk di pulau Sumatera.

Di artikel tersebut juga disebut tentang proyek pemasangan kabel fiber bawah laut  antara Luwuk (Sulawesi Tenggara) dan Tutuyan (Sulawesi Utara).

Berikut ini peta lokasi Luwuk di Sulawesi Tenggara
Lokasi Luwuk di Propinsi Sulawesi Tenggara

Berikut ini peta lokasi Tutuyan di Sulawesi Utara.

Lokasi Tutuyan di Propinsi Sulawesi Utara


Daftar Referensi

No comments:

Post a Comment